Rabu, 27 Mei 2015

Bagaimana Cara Untuk Menggapai Berkah Puasa

Assalamualaikum wr.wb..
Disini saya akan sedikit membagi hal positif yang mungkin bisa bermanfaat untuk sobat muslim semua, agar dengan mudah menggapai berkahnya puasa. sobat  muslim semua tidak ingin kan jika puasa yang kita lakukan sia-sia tanpa mendapatkan berkah atau pahala ? sudah lelah menahan lapar dan haus, rela melewati makanan enak yang tadi siang ditawarkan teman atau rela meneguk ludah saja saat penjual minuman favorit lewat di depan rumah. oleh karena itu, saya akan memberi beberapa point penting agar kita puasa kita mendapatkan ridho Allah Swt. Insya Allah. beberapa cara agar kita mendapatkan berkah saat puasa yaitu :

 1.  Niat Yang Kuat
 ini point pertama yang tentunya sangat penting agar puasa kita diterima oleh Allah Swt. karena niat termaksuk rukun puasa. Untuk  sobat muslim  tentu sudah mengetahui akan hal itu, hanya saja bukan sekedar ucapan niat dengan lisan, akan tetapi juga hati yang haus dengan niat yang kuat agar Puasa dengan lancar.


2.Tekad dan Motivasi Yang Kuat
nah, setelah sobat niat yang kuat, sobat juga perlu bertekad yang kuat dan Motivasi yang kuat juga. agar kita bisa menguatkan kembali niat kita berpuasa kita perlu juga tekad untuk meraih ridho dan pahala Allah yang juga merupakan Motivasi yang baik untuk diri kita sendiri. misalkan, Sobat berniat berpuasa dengan motivasi agar mendapatkan pahala Allah atau bisa dengan mudah memahami pelajaran di sekolah dan Kampus, menyembuhkan penyakit yang tak kunjung sembuh, bisa juga motivasi untuk mendapatkan manfaat kita berpuasa. karena tentu saja banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berpuasa, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

3. Mengatur Pola Makan
Setelah sobat niat, tekad dan memiliki motivasi yang kuat untuk berpuasa. sobat juga perlu untuk mengatur pola makanan yang kita makan saat sahur dan berpuasa. jangan sahur dengan mengosumsi banyak makanan pedas karena itu akan menganggu puasa kita. Rosullullah Saw pun menganjurkan agar kita makan makanan yang manis saat berpuasa, selian itu Rosul mengajurkan kita untuk makan buah terdahulu sebelum makan makanan yang berat karena ini akan mempermudah kerja lambung dan mencerna makanan. saat sahur kita dianjurkan untuk minum 3 gelas air saat berpuasa dan 5 gelas air saat berbuka dan jangan lupa untuk membaca Bismillah.

4.Mengurangi Aktivitas Berat

yang satu ini perlu sekali sobat perhatikan, jangan sampai sobat berolahraga angkat beban atau lari maraton saat berpuasa, selain tidak baik untuk kesehatan , hal itu juga akan mengganggu puasa sobat. tidak mungkin kan sobat kehausan dan memutuskan untuk berbuka puasa tepat jam 12 siang. jadi kurangi aktivitas berat saat berpuasa. dengan mengganti olahraga tadi dengan senam yang sederhana agar sobat tetap terlihat Fresh meski sedang berpuasa.

5.Mengajak Orang-Orang Terdekat

Mengajak amal baik sesama Muslim itu sudah ha yang wajib untuk sobat muslim lakukan, karena Rosullulla Saw sendiri memiliki sifat yang senang mengajak orng lain untuk melakukan kebaikan. jangan sampai Sobat mengajak orang terdekat untuk melakukanhal yang tidak tepuji. seperti contoh sederhana Sobat mengajak teman untuk mencuri, itu sangat tidk dianjurkan karena akan mendapatkan dosa dan keberkahan Sobat sedang berpuasa pun tidak di dapatkan. sayang sekali kan ? maka saat kita berpuasa, alahkan baiknya kita isi jam menunggu adzan berkumandang dengan hal-hal yang positif seperti membaca Al-Qur'an, sedekah dan lainnya. alangkah baiknya ketika sobat berpuasa mengajak teman terdekat untuk berpuasa juga. selain mendapat berkah dan pahala. sobat juga ada teman untuk sahur dan berbuka puasa bersama :D.

6. Memperbanyak Ibadah

sobat muslim pasti sudah mengetahui bagian point ini, memperbanyak ibadah bukan hanya dilakukan saat sobat berpuasa aja, akan tetapi juga hari-hari biasanya. karena Allah Swt maha melihat dan mengetahui apa yang sedang kita lakukan tentunya. perbanyak ibadah yah sobat agar puasanya mendapatkan lebih banyak berkah. dengan sholat sunah Tahajud atau Dhuha dan amalan sunah lainnya.

7.Meninggalkan Hal-Hal Yang Tidak Bermanfaat.

point terakhir yang untuk saya sampaikan adalah tinggalkan hal yang tidak bermanfaat ketika kita berpuasa. puasa sunah atau wajib hal itu perlu diingat. apalagi ketika kita berpuasa Ramadhan. Pahala berlipat ganda sudah seharusnya sobat berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala Allah Swt. tinggalkan menonton, membaca komik dan novel ketika kita berpuasa gantikan dengan membaca Al-Qur'an dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an yah Sobat :D 

semoga point-point untuk menggapai BERKAH PUASA bisa sobat muslim jalankan dengan baik. :D karena untuk menggapai surga Allah Swt tidak lah mudah. sobat harus pintar memilih tiket yang paling baik untuk meraihnya begitu pun berpuasa. 

Wasalamualaikum.wr.wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar